6 Jenis Alat Safety Beserta Fungsinya yang Wajib Anda Ketahui

Alat Safety merupakan alat wajib yang dipakai oleh pekerja proyek untuk keselamatan dirinya selama bekerja. Para pekerja tambang, pekerja kapal, hingga pekerja konstruksi proyek bangunan sering terlihat menerapkan standar keamanan dengan memakai beberapa alat keselamatan tersebut. Pemakaian alat keselamatan saat bekerja menjadi wajib. Mengingat terdapat fungsi masing-masing dari setiap alat yang dihadirkan. Satu jenis alat memiliki fungsi tersendiri yang tidak dapat diwakilkan pada jenis alat keselamatan lainnya. Sehingga ada baiknya Anda yang hendak bekerja dengan alat-alat keselamatan, mengetahui keenam jenis beserta fungsinya berikut ini.

Alat Keselamatan Safety Vest

Safety vest merupakan alat keselamatan yang sering terlihat ketika pekerja berada di proyek-proyek besar. Alat keselamatan ini berupa rompi dengan warna terang dan mencolok seperti oranye dengan arsiran hijau muda. Fungsi memakai safety vest selama bekerja adalah untuk meminimalisir risiko dalam bekerja. Pekerja yang memakai safety vest, maka dengan mudah akan dilihat oleh pekerja lain yang berjauhan darinya. Sebagai contoh, pekerja yang berada di lantai dua akan melihata adanya pekerja lain di lantai satu dari safety vest yang dipakai. Sehingga ketika pekerja di lantai dua hendak menurunkan barang atau benda tertentu, maka dapat mengetahui bahwa sedang ada pekerja lain di bawah mereka. Ini meminimalisir risiko kecelakaan kerja ketika bekerja dalam suatu proyek konstruksi bangunan maupun proyek besar lain.

Alat Keselamatan Safety Helmet

Safety helmet merupakan alat keselamatan yang wajb dipakai oleh pekerja dalam proyek-proyek besar. Alat keselamatan ini berupa helm dengan warna yang terag seperti kuning dan memiliki model yang khas. Fungsi memakai safety helmet selama bekerja adalah untuk melindungi kepala dari risiko kecelakaan kerja. Seperti benturan pada benda keras, serangan aliran listrik, suhu panas dari matahari atau lainnya, hingga melindungi kepala ketika tidak sengaja terjatuh. Safety helmet tidak boleh dilupakan untuk dipakai saat bekerja dan tentunya para pekerja wajib memakainya dengan benar.

Alat Keselamatan Hearing Protection

Hearing protection merupakan alat keselamatan yang wajib dipakai oleh pekerja dalam proyek-proyek besar. Terutama proyek yang mengharuskan pekerja bersinggungan dengan mesin bersuara bising. Untuk meredam kebisingan dan melindungi telinga agar tidak bermasalah, maka wajib memakai hearing protection. Fungsi memakai hearing protection selama bekerja adalah untuk meredam berbagai suara yang dapat mengganggu pendengaran. Ada dua model hearing protection yang dihadirkan dengan fungsi berbeda. Anda perlu mengenal keduanya, yaitu model Ear Plug yang berfungsi sebagai penyumbat telinga dan model Ear Muff yang berfungsi sebagai penutup daun telinga.

Alat Keselamatan Eyes Protection

Eyes protection merupakan Alat Keselamatan Kerja yang wajib dipakai oleh pekerja dalam proyek-proyek besar. Bagi pekerja yang memiliki tugas dalam mengelas, maka eyes protection wajib dipakai. Fungsi memakai eyes protection selama bekerja adalah untuk melindungi wajah dari paparan uap panas, percikan api saat mengelas, sinar las, hingga meminimalisir risiko terjadinya benturan saat mengelas. Ada dua model eyes protection yang dihadirkan dengan fungsi berbeda. Pertama, model Face Shield yang berfungsi sebagai tameng wajah. Kedua, model Full Face Masker yang berfungsi sebagai tameng wajah keseluruhan. Selain Face Shield dan Full Face Masker, eyes protection yang dihadirkan lainnya dalam model kacamata atau Googles.

Alat Keselamatan Hand Protection

Hand protection merupakan alat keselamatan yang wajib dipakai oleh pekerja dalam proyek-proyek besar. Perlindungan terhadap kedua telapak tangan selama mengerjakan proyek tertentu, wajib diperhatikan. Fungsi memakai hand protection selama bekerja adalah untuk melindungi telapak tangan terutama jari tangan agar tidak terpapar oleh suhu tinggi maupun suhu rendah saat bekerja. Selain itu, pemakaian hand protection juga berfungsi untuk mencegah tangan terpapar atau terinfeksi oleh mikroorganisme.

Alat Keselamatan Footwear Protection

Footwear protection merupakan alat keselamatan yang wajib dipakai oleh pekerja dalam proyek-proyek besar. Kedua kaki tidak dibenarkan memakai sandal jepit atau sepatu biasa saat mengerjakan proyek besar dan berisiko. Fungsi memakai footwear protection selama bekerja adalah untuk melindungi kedua kaki dari percikan bahan kimia, percikan air dingin, percikan air panas, maupun dari keberadaan benda-benda yang tajam.

Untuk memperoleh keenam jenis alat keselamatan di atas, Anda dapat memesannya langsung melalui toko Jual Alat Safety. Dengan mengetahui fungsi-fungsi dalam setiap alat keselamatan, maka Anda dapat memakainya dengan tepat. Sehingga alat keselamatan tersebut dapat melindungi sesuai dengan fungsinya.