5 Bahaya Kerja Yang Bisa Diatasi Dengan Alat Keselamatan Kerja

Dalam setiap pekerjaan yang kita lakukan, tentu kita tidak akan terlepas dari bahaya penyakit akibat kerja (PAK). Karena itulah, selama bekerja setiap karyawan di perusahaan manapun membutuhkan alat perlindungan diri. Namun demikian, sebelum membeli alat keselamatan kerja, ada beberapa jenis bahaya dalam dunia kerja yang harus dipahami agar pemanfaatan alat safety tepat sasaran.

Bahaya kimia

Bahaya kimia adalah bahaya dalam proses kerja yang disebabkan oleh gas, larutan kimia, debu, atau hazard chemical yang mampu menyebabkan pekerja yang terpapar mengalami penyakit berbahaya seperti leukimia atau pneumonia. Dalam dunia kerja, bahaya seperti ini bisa dihindari dengan pemakaian masker, insulated clothing maupun lainnya.

Bahaya fisika

Bahaya fisika adalah salah satu jenis bahaya yang ditimbulkan oleh beragam penyebab yang dapat dikategorikan, sebagi berikut.

a.             Kebisingan

Bahaya kebisingan umumnya dijumpai di lingkungan konstruksi yang seringkali menggunakan alat berat dan mampu merusak sistem pendengaran apabila bahaya kebisingan didengar terus menerus. Itu sebabnya, salah satu alat yang bisa digunakan sebagai pelindung adalah ear muff atau ear plug.

b.            Vibrasi

Ketika seorang pekerja terus menerus memegang alat drill atau alat yang menghasilkan getaran (vibrasi) tinggi, maka pekerja yang bersangkutan akan mengalami cidera di bagian lengannya dan oleh karena itu, salah satu alat pelindung yang bisa digunakan adalah safety gloves mupun bandage.

c.             Suhu

Bahaya fisika selama bekerja juga bisa ditimbulkan oleh suhu panas yang menerpa tubuh pekerja terus menerus. Untuk menanggulangi hal tersebut, salah satu alat safety yang bisa digunakan adalah safey gloves, safety googles, vest, dan lainnya.

Bahaya biologis

Bahaya biologis umumnya disebabkan oleh mikroba berupa bakteri, jamur, atau virus. Umumnya, pekerja di lingkungan tambang maupun dunia medis perlu menggunakan alat keselamatan untuk menjaga agar tubuh tidak terkontaminasi organisme berbahaya, seperti sepatu safety, googles, masker, dan lainnya.

Bahaya psikososial

Bahaya psikososial berhubungan dengan pekerjaan yang monoton dan beban kerja yang tidak seimbang jika dibandingkan dengan penghasilan yang diperoleh.

Bahaya fisiologis  

Bahaya fisiologis adalah jenis bahaya yang sering disebabkan oleh posisi yang salah selama bekerja dan dapat menimbulkan penyakit seperti LBP (low back pain) maupun cidera. Untuk meminimalisir beragam penyakit yang berhubungan dengan bahaya fisiologis, pekerja yang bersangkutan bisa melengkapi dirinya dengan alat-alat seperti sleeves, safety harness (saat bekerja diatas ketinggian tertentu), dan alat lainnya. Dari beragam alat keselamatan kerja diatas, ada beberapa hal yang perlu Anda perhitungkan saat Anda dipercaya menghubungi perusahaan yang menyediakan alat pelindung diri. Hal tersebut perlu dilakukan sebelum menjatuhkan pilihan, karena Anda tidak boleh mudah percaya dengan iklan jual alat safety yang muncul di pasaran.

v    Jenis kebutuhan perusahaan

Hal pertama yang perlu dipikirkan saat pengadaan alat keselamatan adalah jenis kebutuhan perusahaan. Hal ini karena jenis kebutuhan antara perusahaan satu umumnya akan berbeda dengan perusahaan lainnya. Sebagai contoh saat Anda bekerja di perusahaan pertambangan, jenis alat pelindung diri yang harus dimiliki antaralain sepatu safety, googles, masker dalam bentuk masker respirator maupun masker biasa, ear plug, dan sfety harness. Pemesanan alat tersebut tentu akan berbeda dengan teman Anda yang bekerja di laboratorium, dimana secara umum, para pekerjanya hanya membutuhkan safety gloves, masker, disposable clothng, maupun insulated clothing.

v    Desain dan ukuran alat keselamatan

Saat pemesanan dan pembelian alat pelindung diri yang sesuai dengan standar K3, Anda perlu melihat desain maupun ukuran alat pelindung yang bersangkutan. Dengan demikian, tubuh para pekerja benar-benar terlindungi dari beragam bahaya proses kerja dan mampu menjalankan tugas tepat waktu.

v    Harga per item dan per paket

Saat menemukan iklan jual alat safety dan berniat bekerjasama dengan perusahaan penyedia alat keselamatan yang bersangkutan, periksa terlebih dahulu harga produk per itemnya dan tanyakan prosedur yang tepat saat ingin melakukan pembelian dalam bentuk paket. Metode pengiriman yang digunakan apabila tempat penyedia jasa tidak satu lokasi juga perlu dipertimbangkan untuk alokasi budget pembelian alat keselamatan kerja.