6 Tips Membeli Alat Keselamatan Kerja yang Berkualitas

Alat Keselamatan Kerja atau yang disebut juga alat pelindung diri merupakan alat yang penting dipersiapkan oleh kontraktor bangunan maupun kepala proyek tertentu. Alat pelindung diri tersebut tidak hanya diperlukan untuk mereka, namun juga untuk semua pekerja yang terlibat dalam proyek pembangunan. Dalam membeli alat pelindung diri, Anda perlu memperhatikan enam tips berikut ini guna memperoleh produk yang berkualitas dan aman selama dipakai oleh para pekerja proyek.

Kenali Tempat Membeli Produk Alat Pelindung Diri

Anda perlu mengenali di mana lokasi tempat membeli produk alat pelindung diri yang dibutuhkan. Meskipun Anda membeli secara online melalui toko Jual Alat Safety resmi. Anda tetap harus mengecek alamat dari toko penyedia produk alat pelindung diri tersebut. Pastikan alamat toko tersebut tidak fiktif dan benar adanya. Untuk meyakinkan keberadaan dari toko penyedia alat pelindung diri tersebut, Anda dapat mendatangi langsung ke lokasi. Jika lokasi toko berada dalam satu kota dengan Anda. Jika tidak, maka Anda dapat menelepon langsung dari nomor telepon customer service yang tertera. Pastikan pula respon dari pihak customer service melayani Anda dengan ramah dan profesional.

Standar Produksi dari Setiap Alat Pelindung Diri yang dipasarkan

Anda perlu mengetahui apakah setiap produk alat pelindung diri yang dipasarkan sudah memenuhi standar produksi. Sebagai contoh untuk setiap produk yang dipasarkan di Indonesia, maka harus menerapkan Standar Nasional Indonesia atau SNI. Untuk mengetahuinya, Anda dapat mengecek pada kemasan atau menanyakan langsung kepada produsen atau penjual dari produk alat pelindung diri tersebut. Tentunya, bagi Anda yang hendak membeli safety helmet, alat pelindung diri tersebut harus kuat, tahan benturan, tahan lama dan tidak mudah rusak ketika terkena benda keras atau benda tajam. Sehingga produk safety helmet tersebut benar-benar diproduksi dengan menerapkan standar produksi.

Kualitas Produk Alat Pelindung Diri Tampil Sempurna

Anda perlu mengetahui pasti produk alat pelindung diri tampil sempurna. Artinya, kualitas produk alat pelindung diri tidak sekadar terlihat baik dari modelnya. Namun, harus dapat Anda pastikan dapat bekerja dengan baik. Mampu melindungi pekerja secara aman selama bekerja. Jangan tertipu dengan produk alat pelindung diri yang terlihat bagus dari tampilan luarnya. Pastikan pula bahwa produk alat pelindung diri tersebut menjadi alat pelindung yang dapat diandalkan dalam proyek-proyek besar.

Beli Alat Pelindung Diri Sesuai Kebutuhan Proyek yang dijalankan

Anda perlu memastikan setiap alat pelindung diri yang dibeli adalah alat yang memang dibutuhkan. Artinya, Anda tidak membuang-buang dana proyek untuk membeli alat pelindung diri yang tidak dibutuhkan. Atau, Anda salah dalam membeli alat pelindung diri sehingga alat yang seharusnya dibutuhkan menjadi tidak terbeli. Sebagai contoh, jika pekerja membutuhkan sepatu keselamatan kerja sebagai pelindung diri, maka Anda wajib membelinya.

Harga Produk Alat Pelindung Diri yang Wajar

Anda perlu memilih produk alat pelindung diri dengan harga yang wajar. Untuk itu, Anda perlu melakukan survei harga dari alat pelindung diri yang dipasarkan. Kemudian dari harga tersebut, cek pula kualitasnya. Sehingga Anda akan mengetahui manakah produk alat pelindung diri untuk pekerja yang cocok untuk dipilih. Ingat, jangan terpengaruh dengan harga murah. Pastikan Anda memperoleh harga dari setiap alat pelindung diri secara wajar. Dan pastinya sesuai dengan dengan budget proyek yang sedang dijalankan.

Targetkan Merek Terpercaya untuk Membeli Alat Pelindung Diri

Anda perlu memiliki target merek tertentu dalam membeli alat pelindung diri. Dengan mengetahui merek tertentu yang ditunjuk berkualitas, maka Anda tidak perlu bingung dalam membeli. Anda sudah tahu merek yang ditunjuk diterima baik oleh pasar. Sehingga menunjukkan kualitas alat pelindung diri dapat diandalkan untuk melindungi pekerja selama bekerja dalam proyek.

Pekerja proyek bekerja di lapangan. Artinya, mereka berada di luar ruangan dengan bersinggungan mesin atau alat berat yang pastinya berbahaya. Untuk itu, sebelum memulai proyek yang direncanakan, maka kontraktor atau kepala proyek wajib membekali para pekerja termasuk dirinya dengan Alat Safety. Sehingga pastikan berapa banyak jumlah pekerja yang akan terjun ke lapangan. Sehingga ketersediaan alat pelindung diri selama bekerja dapat terpenuhi.