Pentingnya Alat Safety Bagi Perusahaan

Sesuai dengan Permen No 08/Men/VII2010 yang dikeluarkan oleh Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, setiap perusahaan pada dasarnya wajib menyediakan beragam alat keselamatan kerja bagi keamanan dan kelancaran kinerja para karyawannya. Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum pengadaan alat safety bagi perusahaan yang bersangkutan, seperti:

a.             Jumlah pegawai dan divisi yang ada dalam perusahaan dan membutuhkan pengadaan alat safety.

b.            Jenis alat keselamatan yang perlu disediakan dan jumlahnya.

c.             Ukuran alat keselamatan yang disesuaikan dengan postur tubuh pekerja.

d.            Masa pakai yang ditoleransi oleh setiap alat atau dengan kata lain jangka waktu penggunaan alat saat digunakan untuk bekerja.

e.             Pemahaman dari para karyawan perusahaan yang bersangkutan dalam penggunaan alat.

Selain memperhatikan hal-hal diatas, Anda perlu memahami pula jenis maupun manfaat sebenarnya dari beragam alat keselamatan kerja, sebelum memfasilitasi pengadaannya.

Apa itu peralatan K3

Peralatan K3 (keamanan, kesehatan, dan keselamatan) adalah peralatan khusus yang perlu dipakai saat melakukan pekerjaan tertentu dan disesuaikan dengan resiko maupun bahaya yang mungkin didapatkan. Secara umum, pemakaian alat pelindung diri yang berhubungan dengan K3 bertujuan untuk melindungi pekerja yang bersangkutan dari beragam bahaya yang mungkin terjadi selama bekerja, sehingga pekerja tersebut dapat melakukan pekerjaannya dengan aman dan lancar

Jenis alat

Ada beragam jenis alat safety yang selama ini beredar di pasaran dan beberapa diantaranya, yaitu:

a.             Sepatu safety

Alat pengaman yang satu ini sering dijumpai di kawasan pabrik maupun lokasi konstruksi. Tujuan penggunaan sepatu safety antara lain melindungi pemakai sepatu agar tidak mudah terpeleset di area yang licin dan berlumpur, mencegah agar bagian kaki tidak terkontaminasi oleh cairan kimia, benda tajam (paku, pecahan kaca) maupun kemasukan mikroba berbahaya. Komponen yang dipakai untuk membuat sepatu safety secara umum terdiri dari bahan metal, polyester, dan kulit yang menjadikan sepatu ini cukup berat namun aman dipakai.

b.            Safety gloves

Safety gloves yang digunakan untuk keperluan industri umumnya akan berbeda dengan safety gloves yang diperlukan dalam dunia medis. Jika dilihat dari bahan pembuatnya, safety gloves ini diciptakan dengan beragam bahan, seperti karet lateks, kain wool, serta kain mori. Tujuannya adalah meminimalisir kontaminasi bahan berbahaya yang bisa memberikan penyakit atau resiko cacat pada bagian tangan.

c.             Safety helmet

Salah satu jenis alat keselamatan yang banyak dijumpai di area konstruksi asalah safety helmet. Umumnya, alat ini dibuat dengan perpaduan bahan plastik tebal dilengkapi tali pengaman agar saat dipakai, helm tidak mudah lepas. Alat ini berfungsi melindungi bagian kepala dari benturan yang mungkin terjadi saat bekerja.

d.            Ear plug/ ear muff

Pada beberapa area konstruksi maupun pabrik yang memiliki polusi udara tinggi, Anda akan mudah menjumpai alat pelindung diri berupa ear plug ataau ear muff. Namun demikian, bentuk dan ukuran alat keselamatan kerja yang satu ini tentu berbeda dengan ear muff yang umum dipakai untuk menerima telpon atau mendengarkan musik. Alat keselamatan yang satu ini dibuat dengan perpaduan metal dan spons yang bertujuan menahan getaran serta suara bising, sehingga pekerja yang bersangkutan terhindar dari resiko kehilangan pendengaran.

e.             Googles safety

Googles safety adalah alat pelindung yang berfungsi melindungi bagian mata dari beragam bahaya seperti masuknya serpihan logam ke mata atau debu metal. Alat ini umumnya digunakan oleh paara pekerja yang berhubungan dengan industri mekanik (bagian pengelasan) atau industri lainnya.

Metode pembelian

Setelah Anda memahami jenis maupun fungsi dari beragam alat keselamatan, jangan langsung tergiur dengan harga murah pada saat Anda melihat iklan jual alat safety di media cetak maupun online. Saat transaksi, pastikan Anda menanyakan hal-hal berikut pada pihak penjual.

a.             Varian dan seri alat pelindung diri yang disediakan oleh penyedia jasa.

b.            Lokasi penyedia alat keselamatan dan cara transaksi yang paling aman ketika Anda berada di lokasi yang cukup jauh dari lokasi penyedia jasa.

c.             Harga alat safety yang dibutuhkan perusahaan (dalam hitungan pieces) dan bagaimana prosedur pembelian apabila ingin membeli alat keselamatan dalam jumlah yang cukup banyak.