Perhatikan 6 Aspek Ini Saat Membeli Alat Safety

Saat perusahaan tempat Anda bekerja ingin membeli alat safety, tentu ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar nantinya pemanfaatan alat pelindung diri benar-benar tepat sasaran. Berikut adalah beberapa aspek yang perlu dipikirkan saat berniat membeli alat pelindung setelah melihat iklan jual alat safety dari penyedia jasa.

Jenis alat safety

Sampai saat ini, ada beragam jenis alat safety yang proses pemesanan, pembelian, maupun penggunaannya perlu disesuaikan dengan kondisi kerja dari perusahaan pembeli, seperti:

a.             High visible clothing

Alat keselamatan yang satu ini umumnya berbentuk rompi atau pakaian jaring yang dilengkapi dengan media fluorescense sehingga saat malam pemakainya tetap terlindung dan bisa dilihat dari jauh, mengingat pakaian ini mampu membiaskan cahaya hijau atau kuning terang. Alat pelindung yang satu ini umum dipakai oleh pekerja di perusahaan konstruksi maupun polisi lalulintas.

b.            Chemical protective clothing

Pemakai pakaian ini umumnya adalah pekerja di lingkungan radiatif maupun industri pengolahan bahan kimia. Dengan perpaduan bahan polymer, kain katun, dan bahan lain, alat pelindung yang satu ini mampu melindungi tubuh pemakainya dari bahaya biologis maupun kimia.

c.             Flame resistant clothing

Pelindung diri dalam bentuk flame resistant clothing umumnya diperlukan oleh perusahaan pemada kebakaran yang perlu memastikan para karyawannya tidak terpapar panas api berlebih pada saat berusaha memadamkan kebakaran.

d.            Googles safety

Sampai saat ini, ada beragam bentuk dan bahan yang digunakan untuk membuat alat googles safety. Umumnya, perusahaan yang membutuhkan peralatan ini adalah perusahaan yang bidang usahanya berhubungan dengan produksi mesin pabrik, alat rumah tangga, maupun perusahaan penelitian.

e.             Masker respirator

Alat keselamatan kerja yang satu ini dibutuhkan oleh para pekerja yang bekerja di lingkungan industri kimia dimana udara didalamnya tercemar polutan dari beragam senyawa beracun. Masker respirator umumnya dilengkapi dengan komponen penyaring udara yang memungkinkan para pemakainya tetap menghirup udara sehat.

f.             Safety shoes

Safety shoes yang terbuat dari komponen metal, kain, dan kulit umumnya memiliki desain yang disesuaikan dengan lingkungan pemakainya. Namun demikian, umumnya alat pelindung diri yang satu ini digunakan untuk melintas di area berlumpur, berduri, maupun tanah penuh kontaminan.

Paparan bahaya yang ingin ditanggulangi

Sampai saat ini ada beragam faktor bahaya yang harus ditanggulangi oleh para pekerja dengan pemakaian alat keselamatan kerja agar pekerja yang bersangkutan tidak menderita penyakit berbahaya. Adapun jenis bahaya yang perlu ditanggulangi antaralain bahaya kimia, fisikia, biologis, ergonomi, dan psikososial.

Prosedur keselamatan yang sudah diterapkan di perusahaan

Setiap perusahaan pasti akan melengkapi kegiatan operasionalnya dengan prosedur keselamatan, seperti penyediaan alat pemadam kebakaran, jalur evakuasi darurat, dan lainnya. Namun demikian, hal tersebut pastinya belum terasa cukup mengingat sebuah perusahaan memiliki divisi yang berbeda (divisi managerial dan divisi lapangan). Karena itulah, pengadaan alat keselamatan sangat perlu diseimbangkan dengan prosedur keselamatan kerja yang sudah lebih dulu diterapkan perusahaan yang bersangkutan.

Jumlah pekerja atau divisi di perusahaan

Dalam pengurusan K3 ada rasio penyediaan alat keselamatan yang harus disesuaikan jumlahnya dengan jumlah pekerja di perusahaan bersangkutan. Dengan demikian, semua pekerja akan terlindung dari beragam bahaya yang mengancam keselamatan dan kesehatannya. Saat Anda ditunjuk untuk membeli alat pelindung diri demi keselamatan pegawai, periksa kebutuhan setiap divisi yang ada di perusahaan dan prosentase resiko kecelakaan kerja dari pekerja di divisi yang bersangkutan.

Prosedur penggunaan alat

Saat membeli alat keselamatan kerja, Anda perlu memahami prosedur penggunaan alat terlebih dahulu, agar kapanpun Anda bisa memberikan pembelajaran pada karyawan yang belum terbiasa menggunakan alat pelindung diri dan mengajarkan cara perawatan alat.

Track record perusahaan jasa

Hal berikutnya yang perlu dipikirkan adalah masalah track record perusahaan jasa dengan melihat beberapa hal, seperti:

a.             Tata cara transaksi

Tanyakan pada penyedia jasa, berapa minimal alat yang bisa diperoleh dari perusahaan yang bersangkutan dan tata cara transaksinya. Agar lebih aman, akan lebih baik jika Anda memilih perusahaan penyedia alat safety yang bisa diajak kerjasama jangka panjang.

b.            Garansi produk

Saat melihat iklan jual alat safety yang ditawarkan penyedia jasa, tanyakan pula prosedur garansi yang ditetapkan agar alat yang rusak atau tidak sesuai pesanan bisa segera ditukar.